RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KD 2.2
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI-IPA/1
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Standart Kompetensi : 2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks Salingtemas
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya
I. Indikator
1. Mendeskripsikan ciri-ciri jaringan epitel dan ikat pada hewan
2. Menjelaskan fungsi jaringan epitel dan ikat pada hewan
3. Mendeskripsikan letak jaringan epitel dan ikat pada hewan
4. Mendeskripsikan ciri-ciri jaringan saraf dan otot pada hewan
5. Menjelaskan fungsi jaringan saraf dan otot pada hewan
6. Mendeskripsikan letak jaringan saraf dan otot pada hewan
7. Menyebutkan macam-macam jaringan yang menyusun organ tertentu pada hewan
8. Menyebutkan contoh berbagai sistem organ pada hewan
II. Materi Pembelajaran
Materi Pokok : Jaringan pada hewan
Sub-sub materi :
Pertemuan 1 (3 x 45 menit)
· Jaringan epitel
· Jaringan ikat
Pertemuan 2 (3 x 45 menit)
· Jaringan saraf
· Jaringan otot
Pertemuan 3 (2 x 45 menit)
· Organ dan sistem organ
III. Metode pembelajaran
Pembelajaran Kooperatif
Model
Pembelajaran
Pertemuan 1 : Jigsaw
Pertemuan 2 : Kooperatif Script
Pertemuan 3 : Kooperatif Script
Pertemuan 1 (3x 45 menit)
Tujuan pembelajaran:
Melalui pembelajaran ini, peserta didik dapat:
1. Mendeskripsikan ciri-ciri jaringan epitel dan ikat pada hewan
2. Menjelaskan fungsi jaringan epitel dan ikat pada hewan
3. Mendeskripsikan letak jaringan epitel dan ikat pada hewan
A. Kegiatan Awal (10 menit)
• Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukkan gambar/charta. Kemudian guru mengajukan pertanyaan ‘apa penyusun terkecil tubuh manusia?’
• Peserta didik : harapan guru, peserta didik menjawab ‘sel’
• Guru melanjutkan pertanyaan ‘disebut apa kumpulan sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama?’
• Peserta didik : harapan guru, peserta didik menjawab ‘jaringan’
• Guru menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu ’macam-macam jaringan epitel dan jaringan ikat’
• Guru menyebutkan indikator keberhasilan yang harus dicapai dalam belajar
• Guru mengeksplorasi pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan ‘Apa yang kalian ketahui tentang jaringan epitel?’
B. Kegiatan inti (120 menit)
- Peserta didik membentuk beberapa kelompok kecil sesuai dengan perintah guru.
- Masing-masing kelompok mendiskusikan jaringan yang berbeda, yaitu:
- Kelompok I tentang jaringan epitel, macam-macamnya, letak, dan fungsinya serta kelainan yang terjadi pada jaringan tersebut.
- Kelompok II, tentang jaringan ikat, macam-macamnya , letaknya, dan fungsinya serta kelainan yang terjadi pada jaringan tersebut.
- Kelompok III, tentang jaringan otot, macam-macamnya, fungsinya, dan kerusakan jaringan otot.
- Kelompok IV, tentang jaringan saraf, letaknya, fungsinya, dan kerusakan pada jaringan saraf
- Kelompok V, tentang organ serta macam-macam jaringan yang menyusun organ tersebut
- Kelompok VI, tentang sistem organ serta macam-macam organ yang menyusun sistem organ tersebut
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Guru membagikan kertas manila dan plastik transparan sebagai media saat presentasi.
- Guru menugaskan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok melalui kegiatan diskusi kelas.
- Pada pertemuan pertama, guru memberi kesempatan kepada kelompok I dan II untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Kelompok yang lain bertugas sebagai penanya dan penyanggah Peserta didik melakukan diskusi kelas
- Guru memberi penguatan dari hasil diskusi kelas
- Guru membimbing peserta didik menyusun kesimpulan dari pembelajaran sebagai berikut.
Deskripsi
Jaringan Epitel adalah jaringan yang melapisi bagian permukaan tubuh hewan multiseluler, baik permukaan luar maupun permukaan dalam. Fungsi umum epitel ialah sebagai pelindung (proteksi) dan menyeleksi apa saja yang masuk dan keluar tubuh

Pertemuan II (3 x 45 menit)
Tujuan pembelajaran:
Melalui pembelajaran ini, peserta didik dapat:
1. Mendeskripsikan ciri-ciri jaringan saraf dan otot pada hewan
2. Menjelaskan fungsi jaringan saraf dan otot pada hewan
3. Mendeskripsikan letak jaringan saraf dan otot pada hewan
A. Kegiatan Awal (10 menit)
o Guru memotivasi peserta didik dengan menyuruh peserta didik berjalan ke depan kelas dan menanyakan mengapa dia bisa berjalan?
o Peserta didik : harapan guru, peserta didik menjawab ‘karena mempunyai kaki’
o Guru melanjutkan pertanyaan ‘jaringan apa saja yang menyusun kaki?’
o Peserta didik : harapan guru, peserta didik menjawab ‘otot dan tulang’
o Guru menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu ‘jaringan otot dan jaringan saraf’
o Guru menyebutkan indikator keberhasilan yang harus dicapai dalam belajar
o Guru mengeksplorasi pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan ‘Bagaimana struktur jaringan otot?’
B. Kegiatan inti (120 menit)
o Guru membagi peserta didik dalam kelompok (4-5 orang anggota)
o Guru membagi kelompok dalam dua tipe yaitu A dan B (misalnya dalam satu kelas ada 10 kelompok, maka 5 kelompok tipe A, 5 kelompok tipe B
o Guru membagikan LKPD 1 kepada kelompok peserta didik tipe A dan LKPD 2 kepada kelompok peserta didik tipe B
o Masing-masing peserta didik mengerjakan LKPD yang diterima dari guru.
o Guru meminta 2 orang dari peserta didik kelompok tipe A dan 2 peserta didik kelompok tipe B untuk membentuk kelompok baru
o Guru meminta peserta didik kelompok tipe A menyampaikan informasi kegiatan yang dilakukan dan hasil kegiatan pada peserta didik kelompok tipe B
o Peserta didik kelompok tipe B bertugas sebagai pendengar dan mencatat hal-hal yang penting dari informasi yang disampaikan pesrta didik A
o Guru meminta peserta didik kelompok tipe B menyampaikan informasi kegiatan yang dilakukan dan hasil kegiatan pada peserta didik kelompok tipe A
o Peserta didik kelompok tipe A bertugas sebagai pendengar dan mencatat hal-hal yang penting dari informasi yang disampaikan peserta didik B
o Guru meminta salah satu peserta didik secara acak untuk menyampaikan penbahasan bahan diskusi yang terdapat pada LKPD 1 maupun LKPD 2
o Peserta didik melaksanakan diskusi kelas dengan bimbingan guru
o Guru memberi penguatan dari hasil diskusi kelas
o Guru membimbing peserta didik menyusun kesimpulan dari pembelajaran sebagai berikut.
Deskripsi
Macam-macam sel otot
1. Otot lurik: bekerja dibawah saraf sadar (volunter), cepat menanggapi rangsang, inti lebih dari satu dan terletak di tepi sel, mengandung serabut otot, memiliki myofibril yang memantulkan cahaya gelap terang berselang-seling, terdapat pada organ luar.
2. Otot polos: bekerja dibawah saraf tidak sadar (involunter), lambat menanggapi rangsang, inti satu dan terletak di tengah sitoplasma, tidak mengandung serabut otot, terdapat pada organ viseral
3. Otot jantung: bekerja dibawah saraf tidak sadar (involunter), lambat menanggapi rangsang, inti satu atau lebih dari satu dan terletak di tepi sitoplasma, memiliki miofibril yang memantulkan cahaya gelap terang, terdapat pada organ jantung , terdapat discus intercalaris.
![]() |
| Gambar Otot lurik, jantung dan polos Sumber: google.com
Berikut ini Video tentang perbedaan Otot Polos, Lurik dan Jantung
|











Jammy Monkey Slot - Sega Genesis - JtmHub
ReplyDeleteJammy Monkey is a 6-reel, 5-row, 6-line video slot with bonus 김해 출장샵 round, bonus 강릉 출장샵 spins, instant 목포 출장안마 play, autoplay, video 전라남도 출장샵 slots, multiplier, wild 온라인 바카라 사이트 symbol,